2015 #hopeIcanGotoThere

2015 #hopeIcanGotoThere

Sabtu, 06 Juli 2013

Man Thalabal Ula Sahirul Layali

Ini adalah kutipan beberapa paragraf di novel 'RANTAU 1 MUARA', A. Fuadi.
semoga bermanfaat. :D


Sejenak aku edarkan pandanganku ke ruang redaksi. Tidak ada satu manusia pun. Hanya bunyi detak jam dinding dan dengkuran beberapa computer yang lupa dimatikan rekan-rekanku sebelum pulang. Hanya aku seorang diri. The last man standing. Telah berbilah-bilah malam sepi seperti ini yang aku lewatkan sendiri. Ketika kawanku tidur bergelung mendengkur, aku sedang sibuk belajar, riset, dan membaca. Tapi aku tidak sedih, karena aku tahu sedang dalam proses bekerja lebih keras dari orang kebanyakan. Hanya itu cara yang aku tahu untuk menjadi lebih baik.

Malah, ketika newsroom semakin senyap, semakin bergolak semangatku. Ketika malam makin gelap, semakin menyala tekadku. Aku tahhu jika aku terus berjuang dalam sunyi, aku menuju sebuah tempat yang semua orang akan sampai. Ke tempat orang-orang terpilih saja. Orang-orang yang dianggap aneh orang kebanyakan. Tuhan Maha Melihat siapa yang paling bekerja keras. Dan Dia adalah sebaik-baik penilai. Tidak akan pernah menyia-nyiakan usaha manusia. Aku percaya setiap usaha akan dibalas-Nya dengan balasan sebaik-baiknya.

Sejak alam ini terkembang, malam-malam sepi telah menjadi saksi orang-orang besar dalam sejarah. Malam yang hening kadang menjadi waktu lahirnya karya-karya besar. Ada kekuatan ajaib di dalam kerja keras dan perenungan di tengah kesenyapan malam. Ada kemesraan Zat Yang Maha Kuasa dalam sepi. Ada keberkahan di saat-saat sepertiga malam. Mungkin ini waktu pintu langit terbuka untuk menyedot semua doa mausia yang mengapung kepada  Tuhan. Bahkan, Nabi Muhammad pun melakukannya. Ketika Kota Mekkah terlelap, dia mendekatkan diri kepada Sang Pencipta di Gua Hira.

Di kepalaku berdengung-dengung pepatah arab itu. Man thalabal ula sahirul layali. Siapa yang ingin mendapatkan kemuliaan, bekerjalan sampai jauh malam. Apakah setiap orang yang bekerja jauh malam akan dapat kemuliaan dan keberhasilan? Tidak juga. Tapi pengalamanku menyatakan jika aku bekerja melebihi jam kerja orang kebanyakan, aku mungkin akan diganjar dengan hasil di atas orang kebanyakan pula. (Aamiin. Tuhan mendengar atas segala harapan. Semangat!)
 
 

Tidak ada komentar: