2015 #hopeIcanGotoThere

2015 #hopeIcanGotoThere

Kamis, 14 November 2013

Yes, I am a Muslim


Yes, I am a Muslim. And very proud of Islam.

Halo semuanyaaaa! Apa kabar?
Hari ini saya ingin berbagi ide, pengkajian ulang 'Why I must life?'
Sebenarnya pertanyaan seperti ini sudah muncul sejak lama dalam benak saya, tapi gara-gara takut untuk mencari jawaban, saya selalu meninggalkan pertanyaan ini. Takut ntar jadi gila sendiri. Haha.. :D

Tapi selanjutnya, saya memutuskan mencari jawabannya. Saya merasa bahwa saya harus mencari hakikat hidup, dan saya memang berhak tahu akan hal itu. Saya mulai mencari. Tuhan, Kehidupan, dan Agama.

Saya mulai banyak membaca buku-buku, bertanya pada seseorang yang saya anggap ahli, dan mulai menjelajahi berbagai jejaring sosial. Saat masa pencarian itu, saya menemukan sebuah video yang sangat menarik hati. Judulnya 'the way to belief'. Langsung aja deh saya putar. Jiah, ternyata, bukan keren lagi, tapi keren buangeeeeeddd… yang jadi narasumbernya ustadz felix, seorang mualaf yang mempunyai semangat dakwah yang luar biasa.

Setelah  melihat video itu, saya mulai mencari berbagai rujukan-rujukan, dan mulai mengkaji Al-Quran lebih dalam. Dan memang benar, segala jawaban yang saya pertanyakan, saya temukan di dalam Al-Qur'an. That's why Al-Quran is the best Miracle. Dulu, saya juga sempat penasaran sih, kok Al-Quran bisa jadi mukjizat terbaik? Apa yang membuatnya begitu 'tinggi'? And finally, I got the answer. Because Al-Qur'an is the real command given by God. Di dalam Al-Qur'an tercangkup semua jawaban yang dilontarkan manusia. Al-Quran merupakan satu-satunya kitab yang kebenarannya bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan. Entah itu tentang sejarah, asal-muasal manusia, bagaimana seharusnya manusia itu hidup, dan akan ke mana setelah manusia itu mati. Semua terangkum di dalamnya.
Eits…. Tapi jangan lupa, selain mempelajari al-Quran, kita juga harus mempelajari as-sunnah juga. Karena sumber utama umat islam adalah al-Quran dan as-sunnah. Di mana as-sunnah sendiri adalah segala ucapan dan perbuatan nabi Muhammad saw, nabi yang merupakan pusat segala teladan yang baik, uswatun khasanah.

Nah, sekarang aku  mau berbagi kerangka berpikirku nih. Berharap kamu bisa terinspirasi (walaupun hanya sedikit). :D

Manusia membutuhkan tempat bergantung, tempat berpegang ketika dia tidak memiliki apapun, tempat berharap, dan tempat mengadu. Dan 'tempat' tersebut sejogyanya adalah suatu Dzat yang besar, yang Maha atas segala sesuatu. Berdiri sendiri. Berbeda dengan yang lain. Menjadi sumber dari segala sumber.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Yang mengusai hari pembalasan
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
(Q.S. Al-Fatihah: 1-5)

Katakanlah (Muhammad), "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."
(Q.S. Al-Ikhlas: 1-4)

Penjelasan yang sempurnakan? :D
Al-Quran memang luar biasa.

Al-Quran menjawab segala permasalahan. Manusia berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Dan tugas manusia saat ini (di dunia) adalah untuk beribadah (mengumpulkan bekal). Dan segala bentuk peribadahan ada tata aturannya. Taat adalah nilai kesungguhan. Taat, tanpa tapi.
Nah, sumber dari segala peribadahan tersebut adalah Al-Quran dan as-sunnah. Demikianlah telah jelas, yang mana haram dan halal.
Dan itu juga menandakan bahwa satu-satunya jalan menuju surga adalah beribadah dengan cara yang benar, yakni mengikuti aturan yang telah diturunkan oleh pencipta semesta, melalui Al-Quran dan as-sunnah.
Dan juga telah di terangkan dengan sangat jelas bahwa hanya ada 2 pintu di langit, yaitu surga dan neraka. Tinggal kita mau pilih yang mana.
Dan perlu diketahui kembali bahwa akhirat adalah sebuah perjalanan yang tidak akan pernah berakhir. *mrinding yaa* -___-". Ngeri.
Sekarang, tinggal pilihan masing-masing, mau menjadi manusia yang seperti apa.
Life is a choice. Yang menanamlah yang akan menuai. :')

Sebaik-baik tempat kembali adalah surga. Dan surga hanya bisa ditapaki oleh manusia-manusia yang bertaqwa, yaitu siapa-siapa yang terus berjalan di jalan Allah (menaati segala perintah dan menjauhi larangannya) dalam keadaan apapun. :D


Islam datang bukan sekedar-sekedar, tapi 'sepenuhnya'

Buat kamu sekalian, juga saya sendiri, mari menjadi muslim yang baik. Penebar kebaikan. Pengemban dakwah yang baik. Sebaik-baik dakwah adalah teladan. :D

"Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (As-Saff 10-11)


Bila kita sudah mengetahui "Mengapa ber-Islam" maka perkara halal-haram pastilah paham.
Bila kita sudah membuktikan Islam itu satu-satunya kebenaran, maka tidak akan berusaha 'merelatifkan' kebenaran.

Agar Islam dapat tersebar maka sampaikanlah.
Agar Islam dapat terlihat santunnya maka teladankan.

Bila Allah dan Rasul sudah memerintahkan untuk mentaati seseuatu maka alasan apapun basi dihadapannya. Taat, tanpa tapi.
Yosh, Semangaaat!


(*Banyak kutipan yang saya ambil)



Eh, maaf juga ya, kalo gaya bercerita saya sedikit buruk. Loncat-loncat. Bolak-balik. Maklumlah the real right brain. Hehe..
Salam Semangat! ^^9

Tidak ada komentar: