2015 #hopeIcanGotoThere

2015 #hopeIcanGotoThere

Selasa, 27 Januari 2015

Bismillah. Beniat berhijab karena-Mu. Selanjutnya, mudahkanlah segalanya... #chapter1# Kewajiban Berhijab bagi setiap Muslimah

Assalamu'alaikum.. :)
Semangat pagi! :D
Pagi ini, saya ingin berbagi cerita kepada seluruh saudara-saudara seiman yang mungkin belum terketuk hatinya untuk mengenakan hijab.

Saya tidak bermaksud menggurui atau sok-sokan alim, hanya saja, ini merupakan salah satu kewajiban saya sebagai seorang muslim, semoga bisa melembutkan hati bagi yang belum terketuk.
Saya baru mulai berhijab di akhir kelas XI SMA. Sebelumnya, tidak ada pikiran apapun dalam benak saya untuk berhijab. Terlebih, di dalam keluarga saya sendiri juga jarang sekali yang memakai penutup kepala ini.

Awalnya, ketika saya melihat teman-teman saya memakai kerudung, saya menganggap mereka terlalu berlebihan. Apalagi baju panjang yang juga di-double-double sepertinya benar-benar panas, apa mereka nggak kepanasan ya?
Nah, itulah salah satu pikiran jahiliyah yang memasuki otak saya.

Sudah banyak teman-teman yang mengajak saya untuk berhijab, tetapi jujur saja, saya belum mantab, seperti belum ada suatu keharusan bagi saya untuk mengenakan pakaian tersebut. Tapi lama-kelamaan, ada perasaan kagum ketika saya melihat teman-teman saya memakai hijab. Entahlah, menentramkan. Itu saja. Tapi saya masih juga belum memutuskan untuk berhijab. Karena bagi saya, hijab itu bukan pakaian yang sembarangan. Saya tidak bisa mempermainkan keputusan yang sudah saya buat. Kalaupun saya berhijab, saya harus memiliki alasan yang kuat mengapa saya berhijab.

Di akhir kelas X, saya mendapat SMS dari teman saya. Dia mengirimkan SMS yang berisi kewajiban seorang muslim perempuan untuk berhijab. Dia mengirimkan nama surat dan ayat, Q.S Al-Ahzab ayat 59. Saya akhirnya mencari tahu terjemahannya.

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah di kenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Saya terdiam membaca arti surat ini. Diterangkan dengan jelas tentang ‘perintah’ berhijab.
Jujur saya, saat itu saya sedikit kaget jika ternyata terdapat ayat di Al-Qur’an yang artinya seperti ini. Mungkin juga kesalahan saya, kalau ketika membaca Al-Quran tidak dilanjutkan dengan membaca artinya. Atau mungkin, membaca tapi tidak dipahami.

Cukup lama saya menimbang-nimbang tentang keputusan seperti apa yang akan saya buat. Saat itu saya ingin sekali melupakan ayat yang telah saya baca tadi. Tapi, nurani berkata lain. Akal juga mengingatkan. “Kamu percaya Al-Quran kan? Apa kamu lupa kalau Al-Quran itu firman Allah? Hukum-hukum Allah? Lantas mengapa kamu tidak patuh? Kamu sekarang juga tahu kalau ternyata kewajiban berhijab itu wajib, lantas apa lagi?”

Mmm, saat itu, walaupun saya masih awam dengan aturan dalam agama saya, tapi saya berkeyakinan, bahwa apa-apa yang dilarang oleh Allah, ya memang harus kita jauhi. Dan apa-apa yang diperintahkan ya memang wajib bagi kita untuk mematuhi. Benar dan salah sudah sangat jelas. Hanya ada halal dan haram, tidak ada pertengahan diantara keduanya. Itulah mindset yang saya yakini.

Saya kembali merenung. “Jawaban seperti apa yang akan saya berikan ketika Allah kelak bertanya mengapa saya tidak mematuhi apa yang Ia perintahkan? Masa’ juga ‘Nggak mau, belum siap, nggak gaul juga’ #gubrakBANGETkan ya.” Alasan apapun juga tidak akan bisa diterima karena ketika kita sudah memutuskan untuk berhukum dengan sebuah keyakinan, itu berarti kita harus patuh terhadap apa-apa yang ada didalamnya. Mutlak. ‘Taat, tanpa tapi’.

Di akhir kelas XI, Alhamdulillah saya putuskan untuk berhijab sebagai salah satu tanda ketaatan kepada-Nya. Hijab itu kewajiban bukan pilihan. :)


Hamba behijab memenuhi kewajiban terhadap perintah-Mu Tuhan. Hamba niatkan untuk beribadah, dan semoga dengan ini, Engkau mudahkan urusan-urusanku.

Bagaimana dengan rekan-rekan? Semoga segera menyusul yaa J

Tidak ada komentar: